Catat !! Calon Kepala Sekolah Baru di Pesawaran Maksimal Usia 56 Tahun

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pesawaran Fauzan Suaidi
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pesawaran Fauzan Suaidi

Pesawaran (SNC): Dinas Pendidikan Kabupaten Pesawaran tengah membuka pendaftaran tes Assessment bagi calon kepala sekolah.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pesawaran Fauzan Suaidi, saat dihubungi Minggu 14 Februari 2021.

Bacaan Lainnya

“Sebelumnya kita sudah membuka pendaftaran Assessment untuk kepala sekolah pada tanggal 9 Februari 2021, tapi karena belum memenuhi kuota, kita buka lagi pendaftaran untuk tahap kedua, karena setidaknya peserta yang ikut itu lebih dari satu orang untuk satu sekolah, kalau cuma satu pendaftar di satu sekolah, kemudian yang tidak lulus berarti kan harus ada Plt lagi,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk mengikuti tes Assessment tersebut ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

“Kalau persyaratannya itu banyak, seperti hasil tes kejiwaan dari Rumah Sakit Jiwa, kemudian usia juga maksimal 56 tahun, itu berlaku untuk calon kepala sekolah baru, tapi kalau yang sedang menjabat sebagai kepala sekolah tetap bisa ikut, artinya dia menjabat sebelum usia 56 tahun, itupun belum menjamin dia jadi kepala sekolah lagi, karena harus ikut tahapan tesnya,” ujar dia.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan tes tersebut pihaknya hanya melakukan verifikasi berkas pendaftaran calon kepala sekolah.

“Dinas Pendidikan hanya melakukan verifikasi berkas saja, sementara untuk asesor maupun pengujinya itu dari Pemerintah Provinsi Lampung dalam hal ini Bandiklat,” jelas dia.

“Yang pasti untuk saat ini kita masih melakukan pendaftaran, sedangkan untuk pelaksanaan tes waktunya belum kita tentukan,” timpal dia.

Ia pun menambahkan tes Assessment tersebut akan berlaku kepada semua sekolah negeri yang menjadi kewenangan Dinas Pendidikan Kabupaten Pesawaran.

“Semuanya akan kita tes mulai dari Sekolah Dasar (SD) yang berjumlah 302 dan SMP yang berjumlah 46, itu juga berlaku bagi Korcam dan Korwil,” tambah dia.

“Dalam tes Assessment itu ada beberapa tahapan tes diantaranya tes tertulis, tes wawancara dan presentasi makalah yang harus dibuat minimal 10 lembar, serta khusus bagi Korwil dan Korcam harus membuat 2 makalah, yang pertama makalah dia sebagai kepala sekolah dan yang kedua makalah sebagai Korwil ataupun Korcam,” tutup dia. (RU)

Dibaca : 387 Kali

Pos terkait