Stakeholder dan Instansi Pemerintah Diminta Beri Ruang Penyandang Disabilitas

  • Whatsapp

Bandarlampung (SNC) : Pemerintah Provinsi Lampung, melalui Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik), mengajak seluruh stakeholder dan instansi pemerintah terkait untuk terus memberikan semangat dan ruang serta fasilitas kepada para penyandang disabilitas.

Hal itu disampaikan Wagub Nunik saat Puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional Provinsi Lampung Tahun 2020, di Water Boom Bumi Kedaton, Kelurahan Batu Putuk, Kecamatan Teluk Betung Utara, Kamis (3/12/2020).

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini mengusung tema “Membangun Kembali Kehidupan yang Lebih Baik, Lebih Inklusif, Lebih Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca Pandemi Covid-19”.

Acara dihadiri Ketua Umum Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal.

“Ini menjadi pendorong bagi kita terutama Pemerintah Provinsi Lampung, mari kita lihat kembali sudah seberapa perhatian kita, sejauh mana kebijakan kita kepada para disabilitas. Kita harus memberikan ruang, memberikan fasilitas dan semua yang bisa kita berikan,” ujar Wagub Nunik.

Pada kesempatan itu, Wagub Nunik dan Ketua Umum LKKS Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal bersama para penyandang disabilitas bernyanyi bersama dengan penuh kegembiraan.

Nunik mengatakan Peringatan Hari Disabilitas Internasional ini jangan hanya menjadi kegiatan seremonial, namun menjadi momentum untuk bersama mengevaluasi apa saja upaya terhadap hak yang diberikan kepada penyandang disabilitas.

“Terutama kita sebagai pemangku kebijakan, apa saja yang telah kita lakukan dalam upaya memberikan hak terhadap penyandang disabilitas,” katanya.

Nunik menyebutkan termasuk melakukan pemenuhan hak dengan program inklusif dan aksesibel bagi penyandang disabilitas.

“Sekaligus membangun SDM penyandang disabilitas untuk bisa berkarya memberikan sumbangsih untuk bangsa dan negara,” ujarnya.

Menurutnya, para penyandang disabilitas ini mampu mendobrak segala yang mungkin dianggap menjadi batasan bagi sebagian banyak orang.

Hal ini terlihat dengan ditampilkannya permainan musik tradisional Lampung oleh anak-anak disabilitas sensorik netra indra kesuma Bandar Lampung dengan mempersembahkan tiga lagu berjudul 3 M ciptaan Ibu Riana Sari Arinal, Sai Bumi Ruwa Jurai dan Bumi Lampung.

Kemudian, penampilan anak disabilitas yang tergabung dalam grup Pik Potads Lampung dengan mempersembahkan lagu berjudul Kita Pasti Bisa.

“Melihat anak-anak memainkan alat musik dan bernyanyi bergembira bersama, meski disabilitas namun mampu mendobrak segala yang dianggap menjadi batasan bagi sebagian orang,” katanya.

Untuk itu, Nunik mengajak semua bergandengantangan bersama untuk membuat dunia ini indah dan lebih baik lagi tanpa membeda-bedakan.

“Mereka mampu memberikan lebih dari yang mungkin dilihat sebagian orang rasanya tidak mungkin bisa seperti itu. Mari kita bergandengantangan bersama membuat dunia ini lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum LKKS Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal mengajak semua untuk selalu mensyukuri apa yang telah diberikan oleh Allah SWT.

“Syukuri apa yang telah kita punya, dan terkhusus kepada orang tua, kalian adalah orang tua hebat yang dititipkan oleh Allah SWT dengan anak-anak yang isimewa,” ujar Ibu Riana.

Riana meminta agar semua terus semangat, berdoa dan menjaga kesehatannya.

“Doa ibu semoga anak-anak kita semua sehat dan semoga pandemi ini segera berakhir sehingga kita bisa beraktivitas kembali seperti semula,” katanya.

Pada kesempatan itu diserahkan hadiah pemenang lomba video challenge ingat pesan ibu 3 M yang merupakan rangkaian Hari Disabilitas Internasional Provinsi Lampung Tahun 2020.

Sekaligus pemberian bantuan kursi roda 15 buah, kruk ketiak 10 set, alat bantu dengar 40 buah, tongkat tuna netra 13 buah, kaki palsu 3 buah dan bantuan usaha ekonomi produktif bagi LKS anak dan LKS disabilitas untuk 39 LKS.(Adpim)

Dibaca : 350 Kali

Pos terkait