Jabung The Untold Stories Kenalkan Sejarah Hilangkan Stigma Negatif

  • Whatsapp

Jabung The Untold Stories Kenalkan Sejarah Hilangkan Stigma Negatif

Lampung Timur (SNC) : Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) menghadiri peluncuran buku Jabung The Untold Stories bersama Ikam Jabung Sai (IJS), di objek wisata Way Guruh, Desa Negara Batin, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur, Senin (24/8/2020).

Bacaan Lainnya

“Jabung The Untold Stories” diterbitkan oleh Sai Wawai Publishing. Peluncuran ini dihadiri Ketua IJS Heri Johan dan Akademisi Universitas Muhammadiyah Metro (UMM) Bambang Suhada.

Buku ini ingin memberikan perspektif berbeda tentang Jabung. Pasalnya, sejauh ini masih melekat stigma negatif tentang Jabung yang berkembang di masyarakat.

Buku ini berisi sejarah, budaya dan wisata serta upaya mendorong perubahan di Jabung.

“Tidak dipungkiri masih melekatnya Jabung dengan stigma negatif, tetapi saya senang bersama orang-orang yang menjawab stigma tersebut tidak dengan kata-kata tetapi dengan kerja nyata yang kita kerjakan bersama,” ujar Wagub Nunik.

Dipilihnya lokasi peluncuran buku “Jabung The Untold Stories” ini juga sebagai salah satu upaya untuk memajukan destinasi wisata di Jabung yakni wisata Way Guruh, sekaligus agar dikenal masyarakat luas.

Nunik mengatakan dengan diluncurkannya buku ini, membuktikan bahwa masyarakat Jabung memiliki stigma yang positif untuk disampaikan publik.

Menurutnya, untuk memerangi keburukan, harus dengan cara menghadirkan kebaikan.

“Kalau kita terus mengabarkan tentang kebaikan yang ada di Jabung maka yang dilekatkan adalah kebaikan dan kita tidak boleh putus asa. Hari ini kita buktikan bersama, menjawab hal negatif yang dilekatkan kepada Jabung kita jawab dengan hal-hal positif kepada publik,” katanya.

Nunik mengajak semua pihak untuk bersama-sama memajukan Jabung.

“Mari kita majukan dan hilangkan stigma negatif serta bersama-sama mengabarkan kebaikan tentang daerah yang kita cintai ini,” katanya.

Diketahui pada kesempatan ini itu Nunik juga mendorong agar Jabung mampu memiliki generasi muda yang jauh dari narkoba serta para generasi mudanya mampu mengenyam pendidikan yang tinggi.

“Kita semua mempunyai tanggungjawab karena narkoba merugikan generasi muda kita. Kita mau membuat sesuatu apa pun kalau yang melanjutkannya rapuh, generasinya terkena narkoba akan percuma,” katanya.

Nunik juga meminta agar IJS mampu bersinergi dengan Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi Lampung untuk bersama-sama memecahkan solusi agar anak-anak di Jabung mendapatkan pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

“Seperti IJS melakukan MoU dengan Perguruan Tinggi untuk dicarikan beasiswa untuk anak-anak Jabung agar tidak putus sekolah hingga kejenjang yang lebih tinggi. Sehingga Jabung yang gelap hilang menjadi Jabung yang cerah dan bercahaya,” katanya. (Adpim)

Dibaca : 632 Kali
banner 300x250

Pos terkait