UKS, Antara Pendidikan dan Jaminan Kesehatan Siswa

  • Whatsapp

Lampung (SNC): Menyoroti pentingnya jaminan anak mendapat layanan kesehatan di sekolah, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) akan memastikan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) menjadi bagian prioritas dan perhatian dari Pemerintah Provinsi Lampung

Menurut Nunik, memberikan jaminan layanan kesehatan kepada anak di sekolah adalah perlu, disamping sang anak mendapatkan hak cerdas

Muat Lebih

Nunik yang juga Ketua TP UKS/M Provinsi Lampung ini meminta dukungan dari semua pihak 

UKS/M penting perlu menjadi perhatian sebab merupakan penunjang dalam mewujudkan penyelenggaraan pendidikan untuk generasi penerus unggul dan berkualitas.

“Bagaimana pelaksanaan proses pendidikan ini bisa berjalan baik kalau di sekolah kesehatannya tidak terjamin,” kata Nunik

“Ini sangat penting karena dalam proses anak-anak di usia sekolah atau usia pertumbuhan harus dipastikan dalam kondisi sehat dan UKS/M sebagai pendukung untuk memastikan hal itu,” kata Nunik lagi.

Hal itu disampaikan Wagub Nunik saat membuka Rapat Koordinasi Tim Pembina (TP) UKS/M Kabupaten/Kota se- Provinsi Lampung Tahun 2019 di Hotel Arinas Bandar Lampung, Kamis (12/12/2019). 

Rapat Koordinasi Tim Pembina (TP) UKS/M Kabupaten/Kota se- Provinsi Lampung Tahun 2019 di Hotel Arinas Bandar Lampung, Kamis (12/12/2019).
Rapat Koordinasi Tim Pembina (TP) UKS/M Kabupaten/Kota se- Provinsi Lampung Tahun 2019 di Hotel Arinas Bandar Lampung, Kamis (12/12/2019).

Kegiatan-kegiatan UKS/M ini menurut dia akan ia support minimal bisa berjalan dengan baik,

“Insya Allah saya akan mengawal, termasuk saya ingin UKS/M ini bisa maju, kegiatannya variatif dan mewadahi kreatifitas anak-anak kita,” ujarnya

Selain menyoroti tentang kesehatan, Nunik juga menyoroti pentingnya memastikan secara langsung jajanan pangan anak sekolah yang harus terjamin kesehatannya.

“Karena salah satu yang membuat anak kita terpapar beberapa jenis penyakit itu sumbernya dari pangan, maka seluruh bagian dari lingkungan sekolah adalah pihak-pihak yang memastikan anak kita sehat termasuk UKS tentunya,” katanya.

Diketahui rapat koordinasi ini diikuti oleh 50 peserta terdiri dari 45 orang TP UKS/M Kabupaten/Kota dan 5 orang TP UKS/M Provinsi Lampung yang terdiri dari unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Kementerian Agama, Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung dan Biro Kesejahteraan Sosial.
(red/ Humas Prov)

Dibaca : 452 Kali
banner 300x250

Pos terkait