Darmajaya Adakan Kuliah Umum Big Data and Machine Learning Application

  • Whatsapp

Bandarlampung (SNC): Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar kuliah umum Big Data and Machine Learning Application dengan menghadirkan pembicara dari Bandirma Onyedi Eylul University Balikesir, Turkey, Ilyas Ozer, M.Sc., Ph.D. di Aula Pascasarjana Lantai II, Kamis (12/12/19).

Vice-dean Faculty of Engineering and Natural Sciences ini mengatakan kehidupan dalam Era Disrupsi saat ini setiap orang dapat menghasilkan banyak data dari alat komunikasinya.

Muat Lebih

 “Media sosial merupakan salah satu penghasil data yang banyak dan lengkap. Seperti Facebook, Youtube, What’s Apps dan lainnya,” ungkapnya.

Big data, lanjut dia, dapat diolah dan dikembangkan untuk menjadi sebuah penelitian. Karena semua serba digital sehingga data yang diolah menjadi lebih banyak dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Ilyas mencontohkan pada platform Netflix yang menggunakan big data dalam menjalankan kegiatan layanannya. 

“Saat ini sebuah perangkat juga bisa mendeteksi perasaan seperti yang saya lakukan dalam penelitian. Dari suara dapat mengetahui apakah perasaan baik atau sedang tidak bagus,” imbuhnya.

Search engine, kata dia, ke depan bisa juga memprediksi perasaan setiap orang dengan teknologi dan big data.

 “Bing, google dan mesin pencarian lain bisa saja mendeteksi perasaan anda melalui suara,” jelasnya.

Menurutnya, seperti suara tembakan yang juga menjadi penelitiannya dengan hanya mendengarkan dapat mengetahui jenis senjata tersebut.

 “Kita hidup di era data dan banyak kualifikasi-kualifikasi yang bisa digunakan dalam mengelompokkan data-data tersebut,” tuturnya.

Sementara, Dekan Fakultas Ilmu Komputer Zaidir Jamal, S.T., M.Eng., mengatakan Era Revolusi Industri 4.0 membuat penggunaan Big Data menjadi lebih luas lagi. 

“Dengan hadirnya pembicara dari Bandirma University diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan dari pemanfaatan Big Data, Internet of Things dan ruang lingkup pembelajaran teknologi dan komputer lainnya,” ucapnya.

Mahasiswa, lanjut dia, harus memiliki kemampuan dalam mengolah dan menerjemahkan data yang banyak. 

“Karena pemanfaatan Big Data merupakan penerapan dalam berbagai hal untuk memudahkan masyarakat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan,” ujarnya.

Zaidir menambahkan IIB Darmajaya akan selalu menambah khasanah pengetahuan mahasiswa/i dengan menghadirkan pembicara dari luar. 

“Ini dilakukan karena setiap perkembangan teknologi terutama komputer dan penerapannya selalu cepat berubah. Kita menginginkan lulusan nanti juga dapat upgrade pengetahuan di Era Revolusi Industri 4.0,” tutupnya. (red/darmajaya)

Dibaca : 453 Kali
banner 300x250

Pos terkait