Ini Jumlah Penderita DBD Pesawaran Selama dua Tahun

  • Whatsapp
banner 468x60

Pesawaran (SNC): Setiap tahun, dan selama musim hujan, DBD selalu menjadi momok yang cukup ditakuti bagi masyarakat.


Penyakit yang disebabkan nyamuk tersebut dinilai cukup berbahaya, jika tidak segera diobati DBD dapat mengakibatkan kematian. Jenis penyakit ini tersebar di seluruh daerah, termasuk di daerah Kabupaten Pesawaran.


Kasi penanggulagan dan pencegahan penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, Elvira Iriant, menuturkan, khusus di daerah Pesawaran sendiri , jumlah penderita DBD ini tercatat sebanyak 2.707 kasus. Dan dari banyaknya kasus tersebut diantaranya dinyatakan meninggal dunia.


” 2.707  kasus ini terjadi pada tahun 2015 lalu,” kata Elvira, Kamis (30/3/2017).


Sedangkan di tahun 2016 Pemkab Pesawaran terus berupaya menekan peredaran penyakit tersebut dengan memaksimalkan fungsi pelayanan kesehatan kepada masyarakat Pesawaran.


“Sehingga di tahun 2016 nenurun,  tercatat 1895 kasus. ada penurunan 812 kasus,” ungkapnya.

Saat ini (tahun 2017) Dinkes Pesawaran pun terus memberikan pelayanan kesehatan baik secara aktif pada masyarakat maupun pengobatan secara standar (ACT dan Primakuin) terhadap penderita malaria positif yang ditemukan, dengan harapan DBD semakin menurun

Pihaknya juga melakukan penyemprotan rumah didaerah endemis malaria khususnya di wilayah Pesisir, selain itu juga dilakukan penebaran larvasida dan lagun di tambak terlantar serta rawa. Ditambah lagi pembagian kelambu berinsektisida pada masyarakat endemis malaria dan ibu hamil juga sudah lakukan


Pesan kepada masyarakat, ia menghimbau agar selalu dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat, hal ini bertujuan untuk mencegah adanya penyebaran virus malaria.


 “Yang jelas, pola hidup masyarakat sangat mempengaruhi kondisi kesehatannya, makanya kami selalu mengajak masyarakat untuk dapat selalu menerapkan PHBS, untuk meminimalisir penyebaran virus dan bibit penyakit,” tutupnya. (Ktr/aji)

Facebook Comments

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60